KKMI Gelar Lokakarya V -->
Cari Berita

Advertisement

INKKP NEWS

KKMI Gelar Lokakarya V

Redaksi INKOP NEWS
26/04/2024

PAREPARE, INKOP.ID -- Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pembukaan kegiatan Lokakarya V dengan tema "Penguatan Moderasi Beragama dan Pembelajaran Gasing, Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia Menuju Indonesia Emas". Yang dilaksanakan di Auditorium IAIN Parepare. Jum'at, 26 April 2024.


Nampak hadir Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kota parepare, Halwatiah, Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama, Muh. Tonang, Rektor IAIN Parepare, Prof. Hannani dan tamu undangan lainnya. 


Dalam sambutannya Halwatiah mengatakan acara ini sebagai momentum menghadirkan makna dan pentingnya sebuah pemahaman yang mendalam tentang moderasi beragama. 


"Moderasi beragama merupakan bentuk prioritas nasional di lingkup Kementrian Agama Republik Indonesia yang mencoba dengan sesungguh hati untuk menanamkan pemahaman bagi seluruh umat beragama di seluruh penjuru Nusantara" Katanya



Sesuai yang dianut dari PerPres No. 58 Tahun 2023 tentang penguatan moderasi beragama menjadi bukti kepedulian Pemerintah terhadap umat beragama. 


"Semua program moderasi beragama dapat dimaknai sebagai upaya memoderasi penganut agama dalam memahami dan mengamalkan ajaran agamanya" Paparnya


Menurutnya, dengan moderasi beragama semua dapat mencari ilmu dalam menggalang kerjasama, membangun kerukunan bangsa, menciptakan harmoni, sosial dan perdamaian dunia. 


"Ikhtiar ini perlu terus dilakukan karena dalam kenyataan masih sering ditemukan konflik - konflik berkenaan dengan agama yang berpotensi mengganggu keutuhan bangsa" Ucapnya.


PENULIS: ARAFAH

EDITOR: ABOD